Jumat, 16 Mei 2014

PENTINGNYA MENILAI INTEGRITAS MANAJEMEN DAN KONDISI KHUSUS DAN RESIKO

Karena Menilai Integritas manajemen auditor mendapatkan keyakinan bahwa manajemen perusahaan klien dapat dipercaya, sehingga laporan keuangan yang diaudit bebas dari salah saji material sebagai akibat dari adanya integritas manajemen .Bila integritas manajemen tidak dapat dipercaya, auditor harus menolak penugasan audit.
Informasi mengenai integritas manajemen dapat diperoleh dari berbagai sumber. Berkaitan dengan klien, maka sumber informasi dibedakan untuk setiap jenis klien seperti berikut:
  1. Klien baru yang pernah diaudit.
  2. Klien baru yang belum pernah diaudit.
  3. Klien lama.
dan pentingnya mengidentifikasi kondisi khusus dn risiko yang tidak biasa, yaitu
1.Auditor dapat Mengidentifikasi pemakai laporan keuangan auditan.Auditor harus mempertimbangkan apakah klien merupakan perusahaan publik ( menjual saham- sahamnya kepada masyarakat ) atau perusahaan privat, kepada siapa saja atau kepada pihak ketiga mana diperkirakan klien berpotensi mempunyai kewajiban sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

2.Mengevaluasi auditabilitas satuan usaha yaitu Auditor juga perlu menyelidiki propek stabilitas hukum dan keuangan klien dalam mengevaluasi auditabilitas klien, auditor akan menilai kecukupan catatan akuntansi, peran manajemen dalam pelaksanan struktur pengendalian intern, dan pembatasan lingkup audit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar